Blogspot Vs Wordpress Platform Blog 2009

Minggu, 04 Oktober 2009

Blogging adalah sebuah hal yang unik. Pada awalnya kita mengenal blogging karena kita mampu mencurahkan isi pikiran dan hati kita ke dalam bentuk tulisan dan menerbitkannya lewat internet.

Pada awal munculnya blogging. Blogspot sangat di kenal dan banyak di gemari oleh kalangan netter. Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena blogspot adalah blog yang di sponsori oleh google secara langsung. Sehingga jika kita bicara SEO dan how to rank well on search engine, maka memilih blogspot sebagai platform blog kamu adalah pilihan yang sangat tepat.

Hanya saja.. Akhir - akhir ini muncul fenomena baru. Banyak blogger - blogger bongkotan ( lama ) yang beralih ke wordpress. Wordpress sendiri sebenarnya juga merupakan sebuah blog platform yang muncul tidak lama setelah blogger. Hanya memang beberapa tahun lalu peminat platform ini belum sebanyak akhir - akhir ini.


Kenapa mereka pindah ??

Pertanyaan ini mengembang di pikiran xie dalam beberapa hari terakhir ini. Dan jujur saja, xie tidak menemukan jawaban yang cukup valid untuk pertanyaan itu. Sebenarnya setiap platform memang memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun bukan berarti ini membuat platform yang lain lebih buruk.

Kalau kamu baru pertama kali mengenal blog, maka saran xie adalah cari informasi sebanyak mungkin tentang platform yang akan kamu pilih. Jangan sampai kamu menyesal memilih platform dan pada akhirnya membuang - buang waktu.

Selanjutnya, pastikan bahwa kamu akan membangun sebuah blog dengan konteks jangka panjang. Sebuah blog akan di hargai lebih jika sang pemilik terlihat serius dan punya komitmen tinggi untuk menjadi seorang blogger. Yang terakhir, jangan pernah melakukan posting blog di saat kamu tidak tahu apa yang akan kamu tulis. Memaksakan sebuah tulisan hanya akan membuat blog kamu terlihat palsu. Siapapun pembaca blog kamu, mereka pasti akan merasa kecewa karena melihat bentuk alur tulisan artikel kamu yang tidak tergaris rapi.

Menjadi sebuah blogger adalah pekerjaan yang sangat sulit. Namun di balik kesulitan itulah kamu akan belajar banyak hal.

Mau blogspot atau wordpress ??

Semua tergantung visi kamu untuk blog yang akan kamu bangun. Pilih blogspot kalau kamu ingin blogging for money and fun. Dan pilih wordpress kalau kamu ingin belajar lebih tentang web 2.0 dan CMS.

The rest...just keep the word flow and honest.

0 komentar:

Posting Komentar